Iklan

iklan

Sekda Asra: Hadapi Masa Pensiun, ASN Harus Kelola Keuangan Dengan Baik

Rumohacehnews
Kamis, Oktober 21, 2021 | Oktober 21, 2021 WIB Last Updated 2022-10-04T17:17:44Z

Rumohacehnews.com, Aceh Tamiang – Bisa mengelola keuangan dengan baik adalah salah satu bekal yang harus dimiliki PNS yang akan menghadapi masa pensiun. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah, Drs. Asra, ketika membuka kegiatan Sosialisasi Hak dan Kewajiban serta Wirausaha Pintar Bagi PNS memasuki Batas Usia Pensiun di Wilayah Kerja Kabupaten Aceh Tamiang. Kegiatan ini berlangsung, Selasa (19/10/21), di aula Bank Aceh Syariah Cabang Kualasimpang.

Selain bisa mengelola keuangan dengan bijak, Asra memberikan pencerahan agar para peserta mampu mengimbanginya dengan bimbingan spiritual dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT agar hidup menjadi lebih tenang dan diberkahi Allah.

Pada kesempatan tersebut, ia memberikan strategi dalam mengelola keuangan secara baik dan bijak. Dicontohkannya, kebanyakan dari PNS ketika memasuki masa pensiun penghasilan akan berkurang, sehingga dianjurkan untuk tidak salah mengatur kebutuhan keuangan rumah tangga.

“Uang Taspen yang didapat harus dipergunakan sebaik mungkin dan kegunaannya tepat sasaran. Dengan adanya rencana-rencana yang akan direalisasikan, uang Taspen akan menjadi pengaman kita. Karena lazimnya di masa pensiun kita sudah tenang dan tidak banyak permasalahan yang dihadapi, berbeda dengan ketika kita masih aktif,” ungkap Asra.

Asra berharap melalui pembekalan yang difasilitasi oleh Bank Aceh Cabang Kualasimpang ini, dapat memberikan manfaat dan pengetahuan tentang tata cara mengelola keuangan di masa pensiun dengan baik.

Di kesempatan yang sama, Pimpinan Bank Aceh Cabang Kualasimpang Muhammad Syah mengatakan, selama ini para peserta belum pernah bertatap muka dan berkomunikasi secara langsung kepada pihaknya.

“Maka melalui kegiatan ini kita dapat bertatap dan berkomunikasi secara langsung. Saya berharap silaturrahmi yang telah terbangun tidak terputus ketika memasuki masa pensiun,” ujarnya lagi.

Sementara Branch Manager PT. Taspen Cabang Lhokseumawe Azhar mengatakan, pihaknya telah berkolaborasi dengan Pemkab dan Bank Aceh membuat suatu terobosan yang salah satunya kegiatan yang kita selenggarakan pada hari ini. Dijelaskan, kegiatan bertujuan agar para ASN yang akan memasuki masa pensiun dapat mengelola keuangannya dengan baik dan benar

Peserta pada kegiatan ini terdiri dari para ASN yang akan memasuki Batas usia pensiun per 1 Desember 2022 atau setahun ke depan dengan jumlah peserta sebanyak 68 orang.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Sayed Zainal Abidin, Pimpinan LPPBA (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Bank Aceh) Pusat, Dr. Dedi Novendi, MAg dari LPPBA Pusat, dan para ASN yang berasal dari masing-masing SKPK dalam Kabupaten Aceh Tamiang.

Laporan: Dedi M
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sekda Asra: Hadapi Masa Pensiun, ASN Harus Kelola Keuangan Dengan Baik

Trending Now

Iklan

iklan