Iklan

iklan

Bupati Mursil: Pertanian Organik Adalah Masa Depan

Rumohacehnews
Kamis, November 04, 2021 | November 04, 2021 WIB Last Updated 2022-10-04T16:34:44Z

Rumohacehnews.com, Aceh Tamiang – Pertanian organik adalah masa depan. Karenanya Aceh Tamiang terus berupaya melakukan intensifikasi dan pengelolaan lahan secara berkelanjutan dengan penerapan praktik pertanian organik. Demikian disampaikan Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn, ketika menerima kunjungan Bupati Nagan Raya M. Jamin Idham, SE beserta rombongan, Kamis (4/11) di Karang Baru.

Berbincang santai di beranda rumah duka usai takziyah, Bupati Mursil yang dibersamai Wabup Tengku Insyafuddin kepada Bupati Jamin mengatakan, saat ini Aceh Tamiang tengah giat mengembangkan pertanian berkelanjutan dengan pendekatan organik.

“Yang sudah resmi kami luncurkan beras organik. Ini diproduksi oleh kelompoktani di sini dengan pendampingan dari penyuluh pertanian, Maporina, dan disertifikasi oleh Inofice Bogor,” tutur Bupati.

Selain beras, yang saat ini berjalan adalah pengembangan kelapa sawit berkelanjutan yang dimotori oleh Satgas PUPL dan Distanbunnak setempat. Dalam pada ini, lebih dari dua ribu petani terlibat untuk pelaksanaannya, kata Bupati melanjutkan.

Bupati Jamin Idham menanggapi serius obrolan santai tersebut. Ia nampak tertarik ikut mengembangkan pertanian organik di kabupaten bergelar Bumi Rameune. Kepada Bupati Mursil, Idham banyak bertanya seputar stretegi dan tata kelola pertanian organik yang dipraktikkan di Aceh Tamiang.

Menjawab pertanyaan tersebut, Bupati Mursil kemudian menerangkan secara ringkas bagaimana strategi Aceh Tamiang mengembangkan pertanian organik. Mursil lalu menawarkan bahwa Pemkab Aceh Tamiang siap membantu saudara sekandungnya itu untuk mengembangkan hal serupa. Ia bahkan menyatakan siap mengirimkan praktisi pertanian organik dari sini guna mewujudkannya.

“Pak Bupati siapkan jadwal dan tempatnya, nanti kami kirim ahli pertanian organik dari sini ke Nagan Raya,” jawab Mursil meyakinkan.

Sebelum rombongan bergerak pamit, Bupati Mursil kemudian memberikan buah tangan berupa beras organik asli Aceh Tamiang dengan merek Ortam-58 tersebut kepada Bupati Jamin Idham.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Bupati Nagan Raya M. Jamin Idham, SE beserta isteri melakukan kunjungan ke Aceh Tamiang guna bertakziyah atas berpulangnya Kepala Mukim Simpang Empat, Karang Baru, Syamsul Bahri, yang merupakan ayah mertua dari Rahmatullah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Gampong, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMGP4) Kabupaten Nagan Raya.

Laporan: DM
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Mursil: Pertanian Organik Adalah Masa Depan

Trending Now

Iklan

iklan