Sinkronisasi Pelatihan Kerja, Pemkab Optimis Entaskan Pengangguran

Rumohacehnews
Selasa, November 16, 2021
Last Updated 2022-10-04T16:38:35Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
masukkan script iklan disini

Rumohacehnews.com, Aceh Tamiang – Mengusung tema evaluasi dan identifikasi program pemagangan, Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh bekerjasama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Tamiang menyelenggarakan kegiatan Sinkronisasi Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja, bertempat di Aula Setdakab setempat pada Selasa (16/11/2021).

Berlangsungnya kegiatan ini di Bumi Muda Sedia merupakan sebuah penghargaan dari Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh. Mewakili Bupati, M. Zein selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Aceh Tamiang mengungkapkan pemkab mengucapkan syukur dan berbangga, sebab kegiatan sinkronisasi pelatihan ini sangat berguna bagi putra putri di Aceh Tamiang dalam mempersiapkan diri secara mental dan kemampuan memasuki dunia kerja industri.

“Kami memberikan kesempatan pemagangan ini kepada pemagang yang telah memiliki keterampilan dan keahlian. Kami memberikan kesempatan kepada mereka yang telah mengikuti pelatihan 3 in 1 yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Industri Medan,” jelasnya.

Zein juga mengungkapkan, besar harapan di tahun depan, kesempatan pemagangan seperti ini tetap terus bergulir di Bumi Muda sedia. Hal ini bertujuan, dapat terus memberikan kesempatan kepada pemuda-pemudi dalam meurunkan angka pengangguran.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang akan terus mengambil kesempatan sekecil apapun yang diberikan guna mengentaskan angka pengangguran,” ujarnya Zein penuh optimis.

“Saya harap para peserta magang dapat meningkatkan dan menunjukkan etika kerja dan sikap siap dalam bekerja, beradaptasi dengan keadaan dan lingkungan kerja,” tutupnya berpesan.

Sementara itu, dalam paparan Seksi Pelatihan dan Kelembagaan Qifti Reza Kesuma terkait sinkronisasi pelatihan kerja dan penempatan tenaga kerja mengatakan, program SDC di Kabupaten Aceh Tamiang menduduki peringkat 1 di Indonesia.

“Saat ini SDC Aceh Tamiang menjadi contoh untuk seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia. Tentunya hal ini menjadi Prestasi tersendiri bagi penyelenggara SDC di sini. Ini tidak terlepas dari komitmen Pemkab Aceh Tamiang dalam mengurangi angka kemiskinan,” ujarnya.

Selanjutnya dirinya mengatakan dalam mengurangi angka pengangguran dalam dunia kerja diperlukan kerjasama yang kuat.

“Harus ada kerjasama antara pelaku usaha, akademik seperti SMK, politeknik dan lembaga pelatihan lainnya, serta pemerintah. Keberhasilan dari 3 roda tersebut, maka akan mencapai hasil akhir yakni menambah atau mengurangi angka pengangguran. Maka dari itu, sangat dibutuhkan dukungan dari semua pihak,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, para pimpinan perusahaan dalam Kabupaten Aceh Tamiang, para Kepala Sekolah SMK, para pelaku usaha jasa yakni dari AHASS Honda, Bakery serta para peserta magang.

Kegiatan ini juga diisi dengan Penyerahan plakat dan piagam kepada PT Socfin Indonesia, PT. Mopoli Raya, PT. Parasawita, PT. Sisirau, PT. Bumi Sama Ganda, PT. PP Patisari, dan Pertamina EP Rantau Field. Dilanjutkan dengan Penyerahan sertifikat magang kepada perwakilan peserta magang PT. Socfindo.

Laporan: DM
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl