Iklan

iklan

Wakil Bupati Aceh Tamiang Kunjungi Ladang Vanili

Rumohacehnews
Kamis, Desember 16, 2021 | Desember 16, 2021 WIB Last Updated 2022-10-04T04:07:25Z

Rumohacehnews.com, Aceh Tamiang – Mengunjungi Sentra Budidaya Vanili di Dusun Rambutan, Kampung Paya Kulbi, Karang Baru, pada Kamis (16/12/2021), Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST, meminta agar perawatan tanaman budidaya tersebut dapat diintensifkan lagi.

“Seharusnya budidaya vanili ini dalam kurun waktu 2 tahun sudah mulai berbuah. Saat ini usainya sudah 3 tahun namun belum nampak tanda akan berbunga. Saya kira, jika ditangani dengan tepat Insyaallah vanili ini akan segera berbuah,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Insyafuddin, menginstruksikan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan untuk membantu petani dan peminat pertanian supaya mampu membudidayakan vanili yang baik dan benar.

“Distanbunnak saya instruksikan supaya segera turun, bantu permasalahan yang dihadapi oleh satu petani kita ini,” ujar Wabup lugas.

“Semoga setelah dibantu dinas teknis nanti, pengembangan budidaya ini dapat membuahkan hasil yang memuaskan. Jika budidaya ini berhasil, maka dapat kita bagikan pengalaman dan ilmunya ke petani-petani lainnya untuk turut membudidayakan vanili ini,” harapnya.

Terakhir, Wabup mengatakan, selain memiliki nilai ekonomis yang tinggi, hasil panen vanili juga dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Petani dapat menyesuaikan waktu, saat hendak menjual hasil kebunnya.

Kebun vanili yang dikunjungi oleh Wabup Insyafuddin sore tadi adalah milik Amaluddin. Dikatakannya, vanili yang ditanamnya ialah jenis pelangi yang dibeli dari Jakarta. Saat ini tanaman vanili miliknya tersebut telah berusia 3 tahun.

Dalam kunjungan ke kebun seluas 600m² tersebut, Wabup membawa serta Kasi Sarana dan Prasarana Penyuluhan, Thony Fajar KSP, beserta seorang penyuluh pertanian yang tengah mendalami ilmu budidaya vanili, Kiki Hermawan.

Laporan: DM
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wakil Bupati Aceh Tamiang Kunjungi Ladang Vanili

Trending Now

Iklan

iklan