Notification

×

Iklan

Iklan

www.domainesia.com

Bupati Mursil: Pelatihan Pemagangan Peluang Ciptakan Lapangan Kerja Baru

3 Jun 2022 | 03:09 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-11T14:46:14Z

Aceh Tamiang – Demikian disebutkan Bupati Mursil saat membuka Program Pemagangan Dalam Negeri Dalam Daerah bagi angkatan kerja Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2022 yang dimotori oleh Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Aceh Tamiang, Jum’at (3/6/22) di aula Setdakab setempat.

Di hadapan para peserta Bupati Mursil mengatakan, Program pemagangan dan pelatihan sebagai bentuk wujud nyata dari komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia yang siap dan mampu untuk bekerja. Selaku Bupati, Mursil secara lugas menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Aceh akan kepedulian kepada anak-anak muda/angkatan kerja yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang.

“Dengan adanya program seperti ini, anak-anak muda Aceh Tamiang berkesempatan mengikuti pelatihan, sehingga pemuda Kita memiliki keahlian yang siap kerja”, tutur Bupati.

Ia berharap kegiatan ini tidak hanya berlangsung sampai waktu pelatihan saja, melainkan terus berlanjut. Sebab, akunya, program semacam ini menjadi salah satu langkah Pemerintah Aceh dan Pemkab Aceh Tamiang untuk mengurangi angka kemiskinan.

“Kepedulian pemerintah kepada adik-adik sudah sangat besar, mari ikuti pelatihan dengan baik agar ilmu yang didapat selama pelatihan dapat mengembangkan potensi diri, bahkan bisa menciptakan lapangan kerja”, ujar Mursil dengan harap.

Kepada kepala dinas terkait, Mursil berpesan untuk terus memonitor secara berkala perkembangan dari kegiatan pelatihan dan pemagangan ini, serta pasca program nantinya.

Sementara itu, Akmil Husen, selaku Kepala Disnakermobduk Aceh dalam sambutannya menyampaikan, program pemagangan bertujuan mempersiapkan angkatan kerja yang siap pakai. Dikatakannya, Pemerintah Aceh berharap program ini bisa dimanfaatkan oleh anak-anak muda dalam menciptakan lapangan kerja.

“Kami hanya sebagai fasilitator, adik-adik lah yang akan menjadi pionir di Aceh Tamiang. Pelatihan ini akan kami programkan kembali, sebab saya yakin masih banyak rekan-rekan yang ingin mengikuti pelatihan serupa”, terang Akmil.

Hal itu disampaikan Akmil setelah melihat tingginya peminat magang yang mencapai 1.600 pendaftar untuk mengisi 50 formasi di enam perusahaan.

Sebelumnya, Kepala Disnakertrans Aceh Tamiang, Rafe’i mengungkapkan, program pemagangan dalam negeri dalam daerah angkatan pertama diikuti sebanyak 60 orang. Rinciannya, 40 orang mengikuti pemagangan dan 20 orang lainnya mengikuti pelatihan servis ponsel.

“Pelatihan akan berlangsung selama empat bulan, terhitung sejak hari ini hingga 3 Oktober mendatang. Namun untuk pelatihan servis ponsel, akan berlangsung selama satu bulan di SMK Negeri 1 Karang Baru,” demikian diterangkan Rafe’i dalam pelaporannya.

Rafe’i turut menyampaikan program ini tidak terlepas atas hasil hubungan baik dan kerja sama yang telah dibangun oleh Kadisnakertrans yang lama, Muhammad Zein. Rafe’i ikut menyampaikan apresiasinya kepada para perusahaan mitra yang telah bekerja sama dalam menyukseskan program yang akan berlangsung tersebut.

Ada pun perusahaan tempat pemagangan antara lain; PT. Bumi Sama Ganda, PT. Sisirau, PT. Bahari Lestari, PT. Pati Sari, PT. Parasawita, PT. Maju Jaya Prima, Hotel Grand Arya, Toko roti Brians Bakery, Toko Zazeeda.id, dan Toko 31 Station Kids.

Di akhir laporannya Rafe’i menerangkan peserta pelatihan telah mendaftar dan mengikuti tahapan seleksi sebagaimana yang diinformasikan oleh Disnakertrans melalui akun media sosial mereka.

Dalam pembukaan program tersebut, ikut dilakukan penandatanganan kerja sama antara Disnakermobduk Aceh bersama Perwakilan Perusahaan dengan disaksikan langsung Bupati Aceh Tamiang.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan ini Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto Kepala Bappeda, M. Zein, Kepala DPMKPPKB, Mix Donal, Kepala DPMPTSP, Fauziati, Kabag Humas Azwanil Fakhri, Sekretaris Dinas Syariat Islam, Nur Asmah, Wakil Kepala SMK Negeri 1 Karang Baru, Suhemi Arif, dan para perwakilan pimpinan perusahaan mitra.

×
Berita Terbaru Update