Notification

×

Iklan

Iklan

www.domainesia.com

Pimpin Sertijab, Sekda Minta Camat Intens Bangun Komunikasi Kewilayahan

3 Jun 2022 | 03:12 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-11T14:46:14Z

Aceh Tamiang – Jum’at (3/6/22) Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Drs. Asra, memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Camat di tiga Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang, yakni Kecamatan Kejuruan Muda, Kota Kualasimpang dan terakhir di Kecamatan Rantau.

Di hadapan para Camat, baik yang baru maupun yang lama, Forkopimcam, Datok Penghulu, Kepala Mukim, serta para tamu undangan, Sekda Asra menjelaskan, hal yang perlu dipahami ialah mutasi ini merupakan hal yang biasa dalam suatu organisasi, sehingga jangan sampai disalahartikan.

“Mutasi ini dilakukan bukan karena adanya kesalahan, namun untuk penyegaran. Dengan suasana baru, lingkungan baru, maka yang diharapkan ialah para pejabat ini mendapat inovasi baru sehingga tidak terjadi kejenuhan karena terlalu lama menduduki jabatan yang diberikan. Terlebih lagi tujuannya juga dapat menambah silaturahmi dan menambah saudara,” jelasnya.

Ucapan terima kasih turut diucapkan Sekda kepada Camat lama yang telah dengan baik memimpin wilayahnya. Kepada para Camat tersebut, Asra berpesan agar sebisa mungkin menyelesaikan masalah di tingkat kecamatan bila terjadi.

“Kalau sedikit-sedikit naik ke kabupaten, bagi kami yang pernah jadi camat dahulu, ini aib. Malu kita kepada pimpinan bila terjadi demikian. Jadi selesaikan di tingkat bawah, tidak perlu segala permasalahan yang ada di Kecamatan sampai ke kabupaten. ini merupakan suatu indikator keberhasilan kinerja camat saya kira,” urai Sekda melanjutkan.

Dirinya kemudian menyampaikan strategi penyelesaian masalah di tingkat kecamatan seperti yang telah dipraktikkannya. Dalam pada ini, Asra mengingatkan kepada para Camat agar segala permasalahan yang ada di Kecamatan dapat dikoordinasikan dengan Datok Penghulu.

“Komunikasi dan koordinasi menjadi satu hal yang sangat penting dalam memecahkan permasalahan. Oleh karena itu, kepada masyarakat atau pun perangkat kampung mohon dukung, bimbing dan tegur jika Camat baru ini ada membuat kesilapan. Bersilaturahmi lah dengan baik, supaya apa yang diinginkan bisa tercapai,” terangnya lugas

Dikatakan Asra, camat wajib membangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan seluruh perangkat dan pemangku kepentingan yang ada. Hal ini, tambahnya, supaya terbangun keyakinan dan kepercayaan antara camat, dengan para pihak tersebut.

“Perlu diingat, meyakinkan dan menimbulkan kepercayaan itu sangat sulit. Jadi saat ini, bagaimana kita bisa bekerjasama dan sama-sama bekerja, apa yang diamanahkan pak Bupati bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” tuturnya.

Terakhir, Sekda Asra menghimbau agar kegiatan rutin pengajian pada hari Kamis tetap dilaksanakan guna menghidupkan syiar agama di kecamatan.

Ada pun tiga camat yang melakukan sertijab pada Jumat kemarin adalah, Camat Kejuruan Muda, dari Rusni Devi A. Manulang, kepada Muhammad Farij. Sementara Kecamatan Kota Kualasimpang, Iman Suhery, yang baru mendapatkan promosi menjadi Kepala Pelaksana BPBD, kepada Azhari, yang sebelumnya menjabat Sekcam Seruway. Sedangkan untuk Kecamatan Rantau, Sertijab Camat dilakukan oleh Oki Kurnia, kepada Mukhtar Hadi. Oki turut dilantik menjadi Kasatpol PP & WH. Sementara penggantinya, Mukhtar Hadi, sebelumnya menjabat Camat Manyak Payed.

×
Berita Terbaru Update