Iklan

iklan

Wabup Insyafuddin Tepung Tawari 49 Calon Jamaah Haji 2022

Rumohacehnews
Kamis, Juni 09, 2022 | Juni 09, 2022 WIB Last Updated 2022-10-04T03:34:53Z

Aceh Tamiang – Kementerian Agama berkerja sama dengan Bagian Kesra Setdakab Aceh Tamiang menggelar tepung tawar duyufurrahman atau jamaah calon haji yang akan berangkat ke tanah suci, Kamis (9/6/22), di aula Setdakab Aceh Tamiang.

Tepung tawar jama’ah calon haji ini merupakan salah satu bentuk tradisi dalam masyarakat Tamiang khususnya dan masyarakat Aceh, serta telah menjadi agenda setiap tahun untuk mengadakan acara ini, baik sebelum jama’ah berangkat maupun setelah pulang dari tanah suci.

Sebelum melakukan prosesi tepung tawar, Wakil Bupati, Tengku Insyafuddin, ST, memberikan kata sambutan dan arahannya.

Ia mengatakan Ibadah Haji yang akan dilaksanakan hendaknya akan bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, yaitu ibadah secara total bukan hanya ibadah yang melibatkan fisik semata seperti tawaf dan sa’i, tetapi juga ibadah batin yaitu wukuf.

“Alangkah lebih baiknya, sebelum pergi haji Saudara semua sudah dalam keadaan bersih, sehingga dalam menjalankan ibadah haji sudah dalam keadaan tenang”, ucap Wabup.

“Fokuslah pada ibadah, jangan terlena untuk belanja. Karena banyak kita lihat jama’ah malah lalai dengan belanjaannya. Padahal sering belanjaan itu terpaksa kita tinggal karena ada batasan berat bawaan yang boleh kita bawa”, pesan Wabup seraya menjelaskan.

Wabup Insyafuddin juga menyebutkan kalau Mekkah sedang dilanda cuaca ekstrem. Oleh karena itu, Ia berharap semua jama’ah untuk senantiasa berniat baik.

“Bulatkan niat semata-mata untuk ibadah, Insya Allah semua kendala akan bisa dilalui dengan baik jika niat kita juga baik.

Terakhir, Insyafuddin mengucapkan selamat kepada 49 orang hamba pilihan yang diberi kesempatan memenuhi panggilan Allah SWT untuk mengerjakan rukun Islam yang ke-5 (lima) yaitu menunaikan Ibadah Haji. Lebih lagi, semoga para jama’ah dapat mempergunakan kesempatan yang mulia ini untuk mengerjakan Ibadah haji dengan sebaik-baiknya demi mendapatkan Haji Mabrur yang dicita-citakan.

Dalam pada itu, Kepala Kantor Kementerian Agama, Fadhli, S.Ag menyampaikan jumlah Jama’ah Haji yang berangkat tahun ini sebanyak 49 orang, yang terdiri dari 17 orang Jama’ah Laki-laki dan 32 orang Jama’ah Perempuan.

“49 Jama’ah ini adalah mereka yang telah melakukan konfirmasi untuk berangkat dan melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 2022 sebesar Rp. 35.660.857,- “

Jumlah ini merupakan 48% jumlah pendaftar yang berhasil untuk diberangkatkan, sementara 52% lainnya terpaksa mengalami penundaan akibat salah satunya kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang membatasi kuota dan usia Jama’ah Haji maksimal berusia 65 tahun per 30 Juni 1957.

Dalam hal kesehatan, Fadhli mengatakan para Jama’ah haji , telah dilakukan Pembinaan Kesehatan, Vaksinasi dan Penerbitan Kartu Kesehatan Jama’ah Haji. Kemudian akan dilakukan PCR yang dikoordinir oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang.

Kepada para Karu dan Karom, Fadhli berpesan untuk senantiasa selalu membantu dan membimbing para Jama’ah.

“Kepada seluruh Jama’ah Haji Kabupaten Aceh Tamiang kami harapkan selalu menjaga kualitas iman, kekompakan, kesehatan dan selalu tetap fokus dalam mempersiapkan keberangkatan ke Tanah Suci”, pesan Fadhli.

Tampak turut hadir mengikuti proses peusijuek unsur Forkopimda Aceh Tamiang, Kepala Imigrasi Langsa, Dan Sub Denpom 1-6 IM, Pimpinan BPS-BPIH, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kab. Aceh Tamiang dan Ketua IPHI Kecamatan, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD di Lingkungan Aceh Tamiang dan para Kepala Bagian Setdakab Aceh Tamiang.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wabup Insyafuddin Tepung Tawari 49 Calon Jamaah Haji 2022

Trending Now

Iklan

iklan