Notification

×

Iklan

Iklan

www.domainesia.com

Bahrani Unggul Pemilihan Kepala Mukim Alur Jambu

7 Jul 2022 | 23:17 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-19T17:49:30Z


Aceh Tamiang – Pemilihan Kepala Mukim Kemukiman Alur Jambu periode 2022 -2027, pada pemilihan tersebut, 4 (Empat) calon peserta yang meliputi, urutan Nomor 1. Bahrani, S.E., 2. MHD. Saleh. 3. Anuar, dan urutan No.4. Arju Sahidar. Pelaksanaan berlangsung di Balai pertemuan Kampung (red-Desa) Serba, Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang. Kamis (07/07/2022).

Awal pelaksanaan tersebut, penyampIan Camat Bandar Pusaka Cakra, S.Stp., bahwa “Siapapun yang terpilih menjadi Kepala Mukim ini milik kita bersama, nantinya Kepala Mukim yang terpilih berharap bisa berakomudir seluruh kehidupan bermasyarakat, tentu adanya dukungan dari kita semua sehingga Popsi selaku Kepala Mukim nantinya bisa berjalan dengan baik.

Usainya pemilihan Kepala Mukim tidak ada lagi berkelompok kelompok, tetap jaga kebersamaan, kekompakan, anggab pemilihan ini merupakan ajang tali silaturahmi antar Kampung, mewujudkan kekeluargaan dan tali persaudaraan yang nantinya menjadi erat”, tutur Camat.

Setelah usainya paparan Camat, dilanjutkan penyampaian Misi dan Visi para peserta Calon Kepala Mukim dari urutan 1 (Satu) sampai urutan 4 (Empat).

Berlangsungnya pelaksanaan pemilihan tersebut, urutan No.1. Bahrani, S.E., mengantongi 9 (Sembilan) kertas suara. 2. MHD. Saleh, 9 (Sembilan) suara. 3. Anuar, 1 (Satu) suara, dan urutan No.4. Arju Sahidar 9 (Sembilan) suara. Dalam penghitungan suara urutan nomor 1, 2, dan 4 mengantongi jumlah suara yang sama denyan jumlah 9 (Sembilan) Suara.

Mengacu Kanun Aceh no 3 tahun 2009 tentang tatacara pemilihan dan pemberhentian imum mukim di Aceh. Panitia akan melakukan pemilihan putaran ke dua terhadap peserta dengan jumlah suara yang sama. Dan peserta pemilih dengan jumlah yang sama 28 Orang.

Dari pemilihan ke dua, peserta Calon Kepala Mukim urutan No.1. atas nama Bahrani, S.E., unggul mengantongi 11 (Sebelas) suara. No.2. MHD. Saleh, 10 (Sepuluh) suara, dan urutan No.4. Arju Sahidar, dengan jumlah 7 (Tujuh) suara. Dari peserta pemilih sejumlah 28 Orang, dari 30 surat suara, dan lebih surat suara 2 lembar. Dan peserta pemilih para Datok Penghulu dan MDSK merupakan perwakilan dari setiap Kampung sekecamatan Bandar Pusaka.

Bahrani, S.E., unggul pada pemilihan tersebut, mengatakan saat di wawancarai oleh Awak Media bahwa “sesuai dengan Kanun nomor 4 tahun 2009 tentang mukim, bahwa salah satu pungsi atau popsi dari pada mukim adalah tentang adat istiadat perayaan, kemungkinan besar berfokus terutama daerah bagian Tamiang Hulu sebelumnya kental dengan adat istiadatnya, pada hari ini sudah mulai hilang dengan perkembangan Jaman,

Sehingga kita ingin membangkitkan kembali, melestarikan adat istiadat yang telah hilang sebagai warisan Budaya lokal kita untuk menjadikan pelajaran bagi anak kita kedepan, bagaiman membina adat istiadat tersebut jati diri dari pada masyarakat itu adalah dari adat istiadatnya”, tutur Bahrani.

“Selain popsi selaku Kepala mukim, kita menjalin kerja sama dengan pimpinan daerah untuk bagaimana kita meningkatkan baik kebudayaan, adat istiadat, Pendidikan dan Agama dan lainnya, bekerjasama dengan Pemerintah daerah khusunya Kecamatan Bandar Pusaka dan para Datok Penghulu”, ungkap Bahrani.

Turut hadir pada pelaksanaan tersebut, Camat Bandar Pusaka, Bhabinsa 05/Tamiang Hulu jajaran Kodim 0117/Atam, Bhabinkamtinmas Polsek Tamiang Hulu jajaran Polres Aceh Tamiang. Tok Imam Kampung kecamatan Bandar Pusaka, para Datok Penghulu, beserta MDSK Kampung Kecamatan Bandar Pusaka, peserta calon Kepala Mukim, tokoh Masyarakat serta para undangan.
×
Berita Terbaru Update