Notification

×

Iklan

Iklan

www.domainesia.com

Wabup: Peran Keluarga Penting Guna Tumbuhkan Minat Baca

1 Agu 2022 | 10:57 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-11T16:18:51Z

Aceh Tamiang – Sebagai upaya meningkatkan motivasi membaca masyarakat terutama usia sekolah, Bagian Perpustakaan Sekretariat Darrah Kabupaten Aceh Tamiang telah menggelar lomba kegiatan perpustakaan. Kamis, (28/7/22) Wakil Bupati l, Tengku Insyafuddin, ST secara langsung menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba di aula Setdakab setempat.

Wabup Insyafuddin sangat bangga terhadap prestasi yang telah diraih oleh peserta. Ia mengingatkan bahwa kegiatan membaca sangat diperlukan dalam membantu perkembangan kecerdasan anak.

“Kebiasaan membaca tidak akan tumbuh dengan sendirinya, peran keluarga menjadi salah satu faktor penting membentuk kebiasaan anak untuk membaca.
Berbeda dengan menonton yang cenderung pasif”, ungkap Wabup.

Lebih lanjut diterangkannya, melalui kegiatan membaca berarti mengaktifkan kemampuan berfikir dan menganalisis, serta membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi serta menstimulasi imajinasi anak.

Saat ini, membaca dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja yakni dengan memanfaatkan teknologi yang ada, akan tetapi kebanyakan masyarakat memilih untuk menghabiskan waktu dengan bercengkarama atau memperbaharui status, membaca status di media sosial; facebook, whatsapp, Twitter, Instagram dan media sosial lainnya.

“Sangat sedikit masyarakat yang membaca literatur atau artikel ilmu pengetahuan yang bermanfaat”, ujarnya.

“Harapan Kami, Pelaksanaan Penyerahan Penghargaan Bagi Pemenang Lomba Dalam Kegiatan Perpustakaan ini kiranya dapat membangkitkan kembali minat baca dikalangan Para Pelajar, Mahasiswa dan masyarakat serta dapat menggunakan fasilitas perpustakaan yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang untuk membaca buku-buku ilmu pengetahuan, baik ilmu pengetahuan umum maupun agama dan sesuatu yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari”, pungkasnya.

Sebelumnya Kepala Bagian Perpustakaan dan Kearsipan Wan Irwansyah, menjelaskan bahwa ada 2 pelombaan yang diselenggarakan yaitu lomba bercerita tingkat SD/MI se-Kabupaten Aceh Tamiang dan Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Aceh Tamiang.

Tujuan dari kegiatan perlombaan tersebut salah satunya ialah untuk melestarikan budaya daerah dan menumbuhkan minat baca dan juga meningkatkan mutu perpustakaan sehingga bisa mengikuti akreditasi nasional.

“Untuk kegiatan Lomba bercerita diikuti oleh 30 peserta dari 15 sekolah dalam kelas 4 dan 5 tingkat SD/MI baik Negeri maupun Swasta. Sedangkan lomba Perpustakaan Sekolah diikuti oleh 13 Sekolah tingkat SD, SMP dan SMA. Perlombaan ini juga sedah berlangsung sejak 2 bulan lalu dan hari ini adalah pengumuman pemenangnya”, jelasnya.

Adapun yang berhasil meraih penghargaan diantaranya: a. Kategori lomba bercerita tingkat SD/MI se-Kabupaten Aceh Tamiang berhasil diraih Putri Lailatus Salwa siswi dari Sekolah SDN 1 Percontohan sebagai Juara I, dilanjutkan Asyura Zoelkarnain Ar-Rahman siswa Sekolah MIN 2 Aceh Tamiang sebagai juara II dan Muhammad Hakkan siswa Sekolah SDN 1 Percontohan sebagai juara ke-III.

Juara Harapan I dimenangkan oleh Alya Atha Miranda asal Sekolah SDN 1 Kualasimpang
Juara harapan II dimenangkan oleh Said Yarden Yafi Alqais asal Sekolah SDN 1 Rantau
Juara harapan III dimenangkan oleh Naadir Tabban asal Sekolah SDN 1 Tualang Cut

b. Kategori lomba perpustakaan sekolah tingkat SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Aceh Tamiang. Untuk tingkat SD, Juara I dimenangkan oleh SDN Tangsi Lama, Juara II dimenangkan oleh SDN 2 Percontohan dan Juara III dimenangkan oleh SDN 1 Karang Bundar.

Untuk tingkat SMP, Juara I dimenangkan oleh SMP N 1 Kualasimpang, Juara II dimenangkan oleh SMP N 1 Manyak Payed dan Juara III dimenangkan oleh SMP N 2 Kualasimpang.

Untuk tingkat SMA, Juara I dimenangkan oleh SMA N 1 Karang Baru, Juara II dimenangkan oleh Perpustakaan PAI SMAN 1 Karang Baru dan Juara III dimenangkan oleh SMA N 1 Manyak Payed.

Sementara itu, Yasin Bayla dan Ramadani juga turut dinobatkan sebagai Duta Baca Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2022.

×
Berita Terbaru Update