Iklan

iklan

Kesbangpol Dan Kodim 0117 Gelar Cerdas Cermat Kebangsaan

Rumohacehnews
Selasa, Oktober 04, 2022 | Oktober 04, 2022 WIB Last Updated 2022-10-26T04:39:05Z

Aceh Tamiang - Sebanyak 31 tim perwakilan sekolah mengikuti Lomba Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan tingkat SMA/SMK/MA sederajat se-Kabupaten Aceh Tamiang yang digelar Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bekerjasama Kodim 0117/Aceh Tamiang pada Selasa (4/10/22).

Perlombaan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila dan HUT TNI ke-77 pada 5 Oktober 2022 yang diselenggarakan di aula SKB setempat dengan mengusung tema “Melalui Cerdas Cermat, Kita Wujudkan Pelajar yang Berjiwa Pancasila”.

Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya ini berguna menumbuhkan dan membangun kembali rasa cinta generasi muda terhadap bangsa dan tanah air Indonesia.

“Bagaimana cara kita membangun kembali rasa cinta generasi muda kepada negaranya. Jangan sampai generasi kita lebih cinta dengan negara lain. Negara kita (Indonesia) adalah Negara yang sangat kaya akan sumber alam, pangan dan budaya.”, ujar Bupati Mursil.

Menurut Mursil, mencintai Negeri merupakan salah satu bentuk syukur terhadap keindahan alam ciptaan Allah SWT.

Namun, Mursil juga prihatin terhadap generasi muda yang tengah terjejali oleh narkoba. Ia mengingatkan keadaan Indonesia yang kritis akan ancaman narkoba. Berbagai pihak dari luar, tengah berupaya menyerang generasi melalui narkoba.

“Jika adek-adek menggunakan Narkoba, artinya tidak cinta kepada negaranya. Bagaimana cara kita mengawal negara jika kita sudah terlibat dalam penyalahgunaan narkoba?”, ujar Mursil di hadapan peserta lomba.

“Jauhi Narkoba, jangan dekati jika ingin masa depan cemerlang”, pungkasnya.

Kaban Kesbangpol Aceh Tamiang, Agusliayana Devita selaku Ketua Panitia, mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan berfikir secara kritis dan kreatif guna menciptakan generasi emas yang berkualitas, meningkatkan pemahaman pendidikan pancasila dan karakter kebangsaan yang bernilai pancasila serta memupuk semangat cinta tanah air ada pelajar.

Dalam pelaksanaan lomba, akan dilakukan seleksi secara tertulis terlebih dahulu untuk mendapatkan 16 tim yang akan berlanjut pada tahap lisan.

“Kepada pemenang akan mendapatkan uang pembinaan, tropy, medali dan sertifikat”, ujar Devi.

Bupati Mursil bersama Dandim 0117/Aceh Tamiang, Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi dan Kaban Kesbangpol, Agusliayana Devita menyerahkan sertifikat kepada perwakilan peserta lomba cerdas cermat.

Dalam pembukaan perlombaan hadir unsur Forkompimpda Aceh Tamiang, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), para Kepala Sekolah dan guru pendamping.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kesbangpol Dan Kodim 0117 Gelar Cerdas Cermat Kebangsaan

Trending Now

Iklan

iklan