Iklan

iklan

21 Kampung Di Aceh Tamiang Berpredikat Desa Mandiri

Rumohacehnews
Senin, Desember 26, 2022 | Desember 26, 2022 WIB Last Updated 2023-01-29T16:50:29Z

Aceh Tamiang - Sebanyak 21 kampung (desa –red) di Aceh Tamiang memperoleh predikat Desa Mandiri Tahun 2022 dari Kementerian Desa PDTT. Piagam Penghargaan dan Lencana diserahkan Bupati Mursil kepada 21 Datok Penghulu, Senin (26/12/2022) di Kantor Camat Karang Baru.

Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn, saat penyerahan piagam dan lencana Desa Mandiri menyampaikan apresiasi kepada para Datok Penghulu penerima predikat tersebut.

“Saya mengawali sambutan ini dengan mengucapkan apresiasi dan penghargaan kepada semua pihak, yang telah menunjukkan kinerja yang membanggakan. Dan oleh karena itu, pemerintah memberikan piagam sebagai bentuk apresiasi atas kinerja Saudara semua,” ucap Bupati saat membuka kegiatan.

Dikatakan Bupati Mursil, kinerja untuk pengelolaan lingkungan, meningkatkan kesejahteraan sosial, dan perbaikan ekonomi rakyat bila diniatkan sebagai ibadah bisa mendapatkan pahala yang besar. Untuk itu, ia mengajak seluruh Datok Penghulu di Aceh Tamiang agar dapat bekerjasama dengan segenap warga dan para pemangku kepentingan pembangunan lainnya untuk mengoptimalkan segala sumber daya dan potensi demi memajukan kampungnya.

Kepada para Camat sebagai Kepala Administratif Kewilayahan, Bupati Mursil meminta terus mendorong, memotivasi, dan mengawal pemerintahan kampung di wilayah masing-masing agar bisa bekerja optimal memberikan pelayanan bagi warganya sekaligus melaksanakan pembangunan desa secara terukur sesuai rencana pembangunan yang telah disusun.

“Hal ini berdasarkan konsepsi, bahwa untuk menuju desa maju dan mandiri perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan, di mana aspek sosial, ekonomi, dan ekologi menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan kampung untuk menyejahterakan kehidupan,” tuturnya lagi.

Anugerah Lencana Desa Mandiri yang diterima 21 Datok Penghulu Aceh Tamiang didasarkan Keputusan Menteri Desa PDTT Nomor 105/2022 tentang Pemberian Penghargaan Desa dengan Status Mandiri Tahun 2022. Jumlah ini bertambah dari tahun sebelumnya, hanya 7 kampung yang mendapatkan status Desa Mandiri.

“Pada tahun 2021 lalu hanya 7 Desa yang menerima piagam dari Kemendes sebagai Desa Mandiri. Tetapi di tahun 2022 ini Desa yang meraih penghargaan ini mengalami peningkatan, dar 7 Desa menjadi 21 desa,” tambah Kepala DPMKPPKB, Mix Donal.

Menurutnya, ke 21 kampung penerima piagam dan lencana itu merupakan desa yang telah mencukupi kriteria untuk diberi penghargaan karena pencairan dana desa dilakukan sebanyak dua kali dalam setahun.

“Sistem Administrasinya bagus dalam membuat laporan ke kemendes terkait penggunaan Dana Desa berdasarkan pengelolaan dan pemanfaatan secara tepat sasaran,” ungkapnya

Ada pun Kampung yang berstatus Desa Mandiri di Kabupaten Aceh Tamiang secara terperinci sebagai berikut, Kampung Kota Kualasimpang, Kota Lintang, Sriwijaya, Bukit Tempurung, dan Kampung Perdamaian yang berasal dari Kecamatan Kota Kualasimpang.

Selanjutnya, Kampung Medang Ara, Tanah Terban, Kebun Tanah Terban, Paya Kulbi, Tanjung Karang, Simpang Empat, Kesehatan, Paya Awe, Bundar, Dalam, dan Kampung Tanjung Seumentoh dari Kecamatan Karang Baru.

Seterusnya, Kampung Rantau Pauh, Kecamatan Rantau. Kampung Simpang Kiri, Kecamatan Tenggulun. Kampung Mesjid Sei Iyu, Kecamatan Bendahara. Kampung Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu, dan Kampung Tualang Baro, Kecamatan Manyak Payed.

Usai menyerahkan piagam penghargaan dan lencana Desa Mandiri, Bupati Mursil bersama Wabup Insyafuddin kemudian bertolak ke Kantor BPBD guna melakukan tepung tawar untuk kendaraan operasional baru milik BPBD dan Dinas Lingkungan Hidup setempat.

Tampak hadir dalam kegiatan tadi, Inspektur Kabupaten, Aulia Azhari, Kepala DPMKPPKB, Mix Donal beserta jajaran, para Camat se-kabupaten, Ketua Forum Datok, Ketua TA P3MD, Forkopimcam Karang Baru serta sejumlah undangan lainnya.

Sumber: Humas

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 21 Kampung Di Aceh Tamiang Berpredikat Desa Mandiri

Trending Now

Iklan

iklan