Iklan

iklan

Debit Air Sungai Meningkat, Rendam Ratusan Rumah

Rumohacehnews
Sabtu, Januari 21, 2023 | Januari 21, 2023 WIB Last Updated 2023-02-07T17:16:47Z


Aceh Tamiang - Hujan deras yang melanda wilayah Aceh dan sekitarnya, termasuk Kabupaten Aceh Tamiang sejak Jumat malam, 21 Januari 2023 mengakibatkan peningkatan debit air Sungai Tamiang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tamiang, Imam Suhairi mengatakan, hingga sore ini, dampak dari hujan deras yang terjadi sejak semalam belum menunjukkan dampak yang signifikan.

Namun, Imam menyebutkan ketinggian air sungai Tamiang mulai meningkat. Meski demikian, belum ada laporan yang diterima pihaknya pemukiman penduduk yang mulai terendam, hanya beberapa desa di wilayah hulu yang merupakan daerah perlintasan air.

"Di Kecamatan Bandar Pusaka, banjir merendam Kampung Pengidam, Pante Cempa, Babo dan Serba. Sedangkan di Kecamatan Sekerak, yakni Desa Juar, air sudah mulai menggenangi pemukiman," kata Kalak BPBD Aceh Tamiang, Imam Suhairi kepada Wartawan, Sabtu (21/1/2023).

Saat ini, kata dia, pihaknya telah mendirikan posko pengungsian serta dapur umum guna mengantisipasi luapan sungai yang lebih parah.

Ia menyebut, wilayah itu merupakan pemukiman yang berada di wilayah bantaran Sungai. Sehingga, kerap terendam ketika sedikit saja debit sungai naik. "Biasanya tidak lama, sebab hanya air lewat. Namun begitu, masyarakat harus tetap waspada, dikarenakan saat ini memang sedang terjadi pasang besar," katanya.

Selain itu, cuaca ekstrim yang terjadi kali ini tidak hanya terjadi di Kabupaten Aceh Tamiang, namun hampir seluruh wilayah di Aceh. Untuk itu, pihaknya meminta seluruh masyarakat di Kabupaten Aceh Tamiang, khususnya mereka yang tinggal didekat bantaran sungai agar selalu waspada. Mengingat, air kiriman dari wilayah hulu.

"Khusus untuk masyarakat di wilayah tengah dan hilir agar meningkatkan kewaspadaan-nya. Sebab, untuk wilayah hulu saat ini dilaporkan air sudah mulai surut," katanya.

Sumber: KabarTamiang

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Debit Air Sungai Meningkat, Rendam Ratusan Rumah

Trending Now

Iklan

iklan