Ad Under Header

Musrenbang, Pengentasan Kemiskinan Butuh Kolaborasi Dan Kesadaran

Musrenbang, Pengentasan Kemiskinan Butuh Kolaborasi Dan Kesadaran


Aceh Tamiang - Musrenbang RKPD tahun 2024 putaran keempat dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah, Drs. Asra pada Kecamatan Tamiang Hulu. Seperti sebelumnya, pelaksanaan Musrenbang dihari ini, Senin (6/3/2023) juga dilakukan di dua kecamatan yang berbeda yaitu Kecamatan Manyak Payed dan Kecamatan Kualasimpang.

Masih dengan tema yang sama, penanggulangan kemiskinan ekstrem masih menjadi butir penting yang disampaikan dalam Musrenbang RKPD tahun 2024. Asra dalam arahannya menyampaikan, mengentaskan kemiskinan diperlukan kerjasama yang kuat antara pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan Kampung dalam menyikapinya.

“Hal pertama yang perlu dilakukan ialah validasi data penduduk miskin yang ada di kampung. Kepala dusun merupakan aparatur pemerintahan kampung yang paling mengerti siapa saja penduduk yg termasuk sebagai penduduk dengan kemiskinan ekstrim. Selain itu perlu kejujuran kita bersama dalam memberikan penilaian siapa saja masyarakat yang benar-benar termasuk sebagai penduduk dengan kemiskinan ekstrim”, ujar Asra.

Dalam pada itu, Asra meminta kepada camat untuk benar-benar bisa memeriksa data warga miskin dengan tepat, sehingga bantuan apapun yang diberikan dari Pemerintah baik pusat maupun daerah bisa benar-benar tepat sasaran.

“Setelah itu kita bisa lanjutkan dengan pembinaan mental bagi masyarakat bahwa jika memang telah terbebas dari kemiskinan hendaknya segera melapor atau mengundurkan diri dari penerima bantuan masyarakat miskin,” sebutnya lagi.

“Mengentaskan kemiskinan memang bukanlah hal yang mudah akan tetapi menghapus mental miskin ini jauh lebih sulit”, tambahnya lagi.

Sumber: Prokopim
Middle Ad 1
Parallax Ad
Middle Ad 2
Bottom Ad
Link copied to clipboard.