Iklan

iklan

Pj. Bupati Buka Sosialisasi Penerapan IKD Aceh Tamiang

Rumohacehnews
Rabu, April 19, 2023 | April 19, 2023 WIB Last Updated 2023-05-04T17:08:52Z

Aceh Tamiang - Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Tamiang menggelar sosialisasi penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD), Selasa, (18/4/23).

Dibuka langsung Pj. Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH, sosialisasi ini berlangsung di aula Setdakab setempat.

Pj. Bupati Meurah mengatakan seiring berkembangnya teknologi penerapan dokumen digital sangat penting terlebih saat ini sudah dilakukan penerapan SPBE (Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik).

“Dokumen digital ini sangat penting, bukan hanya diluar negeri tapi juga di Indonesia. Mulai dari dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dan Kematian serta surat keterangan lainnya yang sudah berbasis elektronik”, papar Meurah.

“Sekarang ini, jaman semakin mudah dengan digital. Betapa pentingnya KTP elektrik. Dengan adanya Identitas Kependudukan Digital (IKD) masyarakat akan lebih mudah ketika melakukan transaksi pelayanan publik atau privat hanya melalui handphone”, tambahnya.

Sosialisasi perdana ini menyasar para Kepala OPD dengan tujuan untuk lebih dahulu bisa menerapkan di instansi masing-masing. Meurah mengharapkan para ASN mengambil peran terdepan dalam penerapan e-digital. Kiranya program IKD ini bisa diterapkan dimulai dari ASN dan anggota keluarga.

Adi Darma, Kepala Disdukcapil Aceh Tamiang menyampaikan upaya mensukseskan program Dukcapil Go Digital yang telah dilakukan secara bertahap.

“Dengan adanya IKD, akan memudahkan penggunanya untuk mengakses data diri berupa KTP, KK serta dokumen lainnya yang akan segera terintegrasi seperti NPWP, Kartu ASN, KIS, Kartu Vaksin dan lainnya yang sedang dalam proses pengintegrasian NIK”, jelas Kadisdukcapil.

Ia menuturkan sosialisasi akan terus di lanjutkan ke instansi dan seluruh lapisan masyarakat.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pj. Bupati Buka Sosialisasi Penerapan IKD Aceh Tamiang

Trending Now

Iklan

iklan