Iklan

iklan

Peringatan Harkitnas di Aceh Tamiang Bangkitkan Semangat Nasional

Rumohacehnews
Selasa, Mei 23, 2023 | Mei 23, 2023 WIB Last Updated 2023-05-31T06:39:50Z

 

Pj Bupati Aceh Tamiang Meurah Budiman.

Aceh Tamiang - Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menggelar upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 115, dilaksanakan di Halaman Depan Kantor Bupati Aceh Tamiang, Senin (22/05/23).

Bertindak sebagai Inspektur upacara Pj Bupati Aceh Tamiang Meurah Budiman membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate yang sedikit mengilas balik Sejarah barisan persatuan yang dibentuk oleh Budi Oetomo.

Selain itu, dalam amanatnya juga menginformasikan tepat pada tanggal 5 Mei 2023 WHO telah mengumumkan bahwa darurat kesehatan global untuk Covid-19 secara resmi dicabut.

"Selama 3 tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan, dan masalah yang kita hadapi bersama. Barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi COVID-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa. Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini. Sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi," terangnya.

Selanjutnya menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan bahwa perekonomian Indonesia di tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31% (Year-on-yearlyoy). jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70% (yoy) dan bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan I tahun 2023 pun masih tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03% (yoy). Menunjukkan performa yang lebih baik dari periode Triwulan IV tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01% (yoy).

"Tentu kita berharap agar capaian-capaian ini dapat kita pertahankan dan terus tingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia. Selain merayakan berbagai capaian bangsa Indonesia, Hari Kebangkitan Nasional juga kita maknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan kita," lanjutnya.

Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah kita di berbagai forum internasional. Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara/entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, yakni G20.

Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 semakin membawa harum nama Ibu Pertiwi dalam mendorong Semangat Untuk Bangkitdi tingkat dunia dengan mengangkat tema "Recover Together, Recover Stronger'".

"Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pascapandemi COVID-19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045. Mengutip perkataan dr. Soetomo, “Generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya”, ungkapnya

Terakhir, dalam amanatnya mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional. Sembari merapatkan barisan perjuangan dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

Tampak hadir mengikuti Upacara, seluruh Unsur Forkopimda Aceh Tamiang, para Asisten, Staf Ahli Bupati dan para Kepala Bagian di lingkungan Setdakab Aceh Tamiang, Danyonif RK 111/KB, para Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang serta para peserta upacara.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringatan Harkitnas di Aceh Tamiang Bangkitkan Semangat Nasional

Trending Now

Iklan

iklan