Iklan

iklan

Pj Bupati Meurah Pesan Jamaah Peusijuk Jamaah Calon Haji

Rumohacehnews
Rabu, Mei 24, 2023 | Mei 24, 2023 WIB Last Updated 2023-05-31T06:44:06Z

 


Aceh Tamiang - Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melaksanakan Peusijuk Jama'ah Calon Haji (JCH) yang bertempat di Aula Setdakab Aceh Tamiang, Selasa (23/5/2023).

Dihadiri langsung oleh Pj. Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, dalam sambutannya ia mengucapkan selamat kepada para calon jama'ah yang terpilih melaksanakan ibadah haji tahun ini.

“Pesan saya jaga kesehatan dan selalu fokus. Ikhlaskan hati jangan sampai membawa pikiran negatif. Karena apapun yang menjadi kebiasaan Bapak/Ibu di sini, akan terlihat di sana, maka banyak-banyaklah istighfar, supaya Allah akan mudahkan segalanya,” ujarnya.

Selanjutnya, Pj. Bupati Murah juga mengingatkan agar wajib mematuhi segala peraturan yang diberikan pembimbing haji.

“Semoga Bapak dan Ibu dapat mengerjakan rukun haji dengan tertib serta selamat pergi dan kembali,” tutupnya.

Dalam kegiatan tepung tawar tersebut, Pj. Bupati Meurah juga menyerahkan cenderamata atau bingkisan secara simbolis kepada jama'ah calon haji.

Sementara itu sebelumnya, dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag, Fadli menjelaskan, penyelenggaraan ibadah haji ini telah memasuki tahap keberangkatan. setiap tahunnya, sambung Fadli, Pemerintah akan melaksanakan tepung tawar pelepasan atau peusijuk yang merupakan adat di setiap daerah.

“Adapun calon haji Aceh Tamiang berjumlah 147 jamaah, yang terdiri dari 61 laki laki dan 86 perempuan. Sebagian jamaah merupakan jamaah tahun 2020 yang tertunda karena Covid-19,” jelasnya.

Selain itu, dijelaskannya bahwa jamaah haji akan terbagi dalam 2 kloter. Sebanyak 140 jamaah haji akan berangkat di kloter 10 pada tanggal 31 Mei ba'da Isya menuju Banda Aceh, dan tanggal 2 Juni akan bertolak ke tanah suci. Selanjutnya sebanyak 7 jamaah haji akan berangkat di kloter 12 pada tanggal 2 Juni menuju Banda Aceh dan akan bertolak ke tanah suci pada tanggal 4 Juni 2023.

Sementara itu, ada sebanyak 43 jamaah yang menunda keberangkatan karena tidak melakukan pelunasan dan beberapa alasan lainnya.

“Terimakasih kepada Pj. Bupati Aceh Tamiang juga kepada Dinas terkait yang telah membantu dalam proses keberangkatan, serta semua pihak yang telah bekerja sama dalam memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah calon haji Aceh Tamiang. Kepada kepala regu saya berpesan saling menjadi kekompakan, kesehatan dan selalu fokus dalam beribadah. Semoga seluruh jamaah haji dapat berangkat ke tanah suci dan dapat menunaikan rukun haji serta kembali dengan membawa predikat Haji Mabrur,” ungkapnya.

Kegiatan ditutup dengan tausiyah oleh Wakil Ketua MPU, dihadiri unsur Forkopimda, para Kepala Dinas terkait, serta tamu undangan lainnya.

Sumber: Prokopim
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pj Bupati Meurah Pesan Jamaah Peusijuk Jamaah Calon Haji

Trending Now

Iklan

iklan