Iklan

iklan

Kabupaten Aceh Tamiang Meraih Juara Umum GBN Aceh 2023

Rumohacehnews
Kamis, Juli 06, 2023 | Juli 06, 2023 WIB Last Updated 2023-08-02T09:01:12Z

 



Aceh Tamiang - Kabupaten Aceh Tamiang berhasil meraih juara umum pada ajang seleksi Gita Bahana Nusantara (GBN) Aceh tahun 2023.

Kabar ini disampaikan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pamong Budaya sekaligus pelatih paduan suara Gita Swara Tamiang, Elisa, Kamis (6/7/23) via selular dari Banda Aceh.

Pj. Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman,  menyampaikan rasa bangga kepada putra putri Aceh Tamiang dan para pelatih yang telah mengharumkan nama Bumi Muda Sedia.

“Saya sangat mengapresiasi usaha adik-adik dan seluruh pihak yang terlibat. Ini adalah kesempatan yang sangat langka dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para peserta. Ini peluang untuk mendapat pelatihan dari para ahli di bidang tarik suara dan berkesempatan tampil di hadapan Presiden”, ujar Meurah melalui layanan pesan WhatsApp.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Elisa, kegiatan ini diikuti 23 Kabupaten/Kota se Aceh. Aceh Tamiang mengirimkan tujuh perwakilan terbaik dengan tipe suara Alto, Bass, Tenor dan Sopran.

“Dari tujuh perwakilan, Alhamdulillah tiga orang perwakilan kabupaten kita berhasil melangkah ke Istana Negara dan bergabung dengan perwakilan provinsi lain dalam paduan suara Nasional pada HUT RI ke-78 ”, ujarnya.

Ada pun nama-nama peserta seleksi asal Kabupaten Aceh Tamiang yang menorehkan prestasi adalah: Intan Rizki Agustiana meraih Juara 1 Sopran; Puja Salsabila Tami br. Tarigan mencatatkan dirinya sebagai Juara 1 Alto; dan Alam Jamaaluka Tentua yang ikut menorehkan prestasi emas sebagai Juara 1 kategori Bass.

Selanjutnya, Dwi Fitri Rizki menempati Juara 2 kelas Sopran; Muhammad Arya ikut menempel di kelas yang sama sebagai Juara 2 suara Bass; kemudian Alfiqri Ramadhan meramaikan capaian Aceh Tamiang sebagai Juara 3 Tenor. Terakhir, Farhan Alwi ikut menyumbangkan prestasi bagi Bumi Muda Sedia dengan menjadi Juara Harapan 1 Tenor, jelasnya

Elisa menambahkan, kontingen Aceh Tamiang telah mendapatkan pelatihan notasi balok selama kurang lebih setahun sebelum pelaksanaan, di bawah naungan bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

“Usai dari sini, nantinya para peserta yang ke Tingkat Nasional akan mengikuti karantina selama tiga minggu sebelum peringatan HUT RI ke-78 pada 17 Agustus 2023 di Istana Negara,” sambungnya menambahkan.

Gita Bahana Nusantara adalah suatu wadah generasi muda dari seluruh Indonesia dalam bidang musik, yang dibentuk khusus untuk mengisi acara kenegaraan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tujuan pembentukan Gita Bahana Nusantara adalah untuk membangun karakter dan jati diri bangsa, memupuk rasa kebersamaan dan nasionalisme serta meningkatkan apresiasi seni di kalangan generasi muda.

Pembentukan Gita Bahana Nusantara untuk memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI setiap tahunnya telah berlangsung sejak tahun 2003, tutup Elisa.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kabupaten Aceh Tamiang Meraih Juara Umum GBN Aceh 2023

Trending Now

Iklan

iklan