Iklan

iklan

Sekda Asra: Lulusan SDC Mesti Jadi Pencipta Kerja

Rumohacehnews
Kamis, Juli 27, 2023 | Juli 27, 2023 WIB Last Updated 2023-08-02T09:22:54Z

 


Aceh Tamiang - Sekretaris Daerah Aceh Tamiang, Drs. Asra, membuka Pelatihan Peningkatan Kompetensi Program Kerja SDC (Skill Development Center), di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Kamis (27/7/23).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi bertujuan untuk memberikan keterampilan dan keahlian kepada peserta pencari kerja untuk memiliki skill dan daya saing dalam dunia kerja.

Dalam arahannya kepada peserta, Sekda Asra menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

Disebutkan, ada puluhan anak muda Tamiang yang pada pembukaan kegiatan hari ini dilatih untuk memiliki keahlian dengan harapan ke depannya bisa merubah diri mereka menjadi pencipta kerja.

“Dunia kerja saat ini membutuhkan keahlian, ikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh dan jangan jangan sia-siakan, sehingga masalah kita yang saat ini dari pencari kerja, suatu saat berubah menjadi pencipta kerja”, ucap Asra.

Selain memberikan bekal dan arahan kepada peserta, Asra juga menginginkan adanya pendataan dari dinas terkait. Arah dari pendataan ini dimaksudkan agar peserta dan alumni angkatan kerja dari berbagai bidang pelatihan bisa dipetakan potensi serta kemampuannya di wilayah masing-masing.

“Misal, adik-adik dilatih untuk tenaga teknisi servis AC. Pendataan dari Dinas dan kecamatan ada sekian jumlah alumni angkatan kerja yang ikut pelatihan ini. Nah mereka ini bisa di distribusikan di sebaran wilayah yang ada untuk melakukan kerja sesuai bidangnya yaitu servis AC.

Dengan begitu teknisi servis AC yang ada di Karang Baru tidak lagi jauh-jauh ke Seruway, sebab di Seruway juga sudah ada teknisi servis AC”, begitu terang Asra mencontohkannya.

Asra menyebutkan Pemkab sangat berharap, kolaborasi dan sinergitas terus ditingkatkan untuk bisa bersama-sama mengentaskan pengangguran di Bumi Muda Sedia. Selain itu, besar harapan Asra pemerataan lapangan kerja dalam setiap bidang dapat terpenuhi dan program ini terus berjalan secara berkesinambungan.

Dalam laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kadisnakertrans Rafe’i, kegiatan ini diikuti oleh 96 peserta dalam 4 bidang pelatihan yaitu pelatihan Menjahit, Barista, Bakery dan Teknisi Refrigerasi. Dikatakannya, ke empat bidang pelatihan ini dapat memberikan keterampilan dan keahlian kepada peserta di dunia industri dan kompetensi tenaga kerja di daerah.

Di akhir acara, dilakukan pemberian starter kit secara simbolis kepada peserta pelatihan. Hadir dalam acara ini Kepala Bappeda, M. Zein, para Kepala SMK Negeri dalam Kabupaten Aceh Tamiang, para Kepala OPD, dan seluruh peserta SDC yang berhadir.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sekda Asra: Lulusan SDC Mesti Jadi Pencipta Kerja

Trending Now

Iklan

iklan