Ad Under Header

Darurat! Sheet Pile Terancam Roboh Asra Lakukan Mitigasi Bencana

Aceh Tamiang – Pj. Bupati Asra meninjau kondisi dinding penahan tanah (sheet pile) Pekan Seruway yang terancam roboh, pada Minggu (21/01/2024).

 

Pemasangan Krib Sungai di Pekan Seruway, Minggu (21/01/2024)/Liputaneia/Prokopim.

Aceh Tamiang – Pj. Bupati Asra meninjau kondisi dinding penahan tanah (sheet pile) Pekan Seruway yang terancam roboh, pada Minggu (21/01/2024).

Menyikapi hal tersebut Pj. Bupati Asra memerintahkan Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) setempat memasang Krib.

"Seperti yang kita lihat bahwa Sheet Pile yang telah dibangun sejak tahun 2016 lalu ini terancam roboh. Maka dari itu, kita harus segera ambil langkah melakukan mitigasi bencana dengan tujuan memperkecil dampak bencana," sebut Asra saat memantau pemasangan Krib Sungai.

Menurut Asra pemasangan Krib Sungai ini dilakukan untuk mengatur arah aliran pada belokan sungai dan sekaligus melindungi tebing sungai dari pukulan air.

Dengan pemasangan Krib Sungai, Pj Bupati Asra berharap dapat mengendalikan arah aliran dan melindungi dasar dan tebing sungai dari erosi yang diakibatkan oleh energi pukulan air sehingga sheet pile dapat terlindungi.

"Jika sheet pile ini roboh, ketika banjir melanda sudah pasti akan merendam warga permukiman Kecamatan Seruway. Ini harus kita cegah dengan mitigasi bencana," ujarnya.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tamiang Imam Suhery melalui Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi, Fachruddin, ST menjelaskan pemasangan Krib Sungai melalui mitigasi bencana dengan tujuan memperkecil dampak bencana yang terjadi.

Menurutnya pemasangan Krib Sungai dengan menggunakan batang kelapa sawit ini sepanjang 25 - 30 meter dari tebing sungai.

" Pemancangan batang kelapa sawit ini sepanjang 25 - 30 meter dari tebing sungai dan diperkirakan sebanyak 240 - 300 batang kelapa sawit dan yang pasti sesuai dengan kebutuhan lapangan," ujarnya.
Middle Ad 1
Parallax Ad
Middle Ad 2
Bottom Ad
Link copied to clipboard.