Ad Under Header

KIP Coret Partai Buruh dan SIRA Karena Tidak Menyerahkan LDK

Aceh Tamiang - Komisi Pemilihan Independen (KIP) terpaksa mencoret Partai Buruh dan partai SIRA (Partai Lokal di Aceh) dari peserta Pemilu 2024, karen

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Rusli, Jum'at (26/01/2024)/Liputanesia.


Aceh Tamiang - Komisi Pemilihan Independen (KIP) terpaksa mencoret Partai Buruh dan partai SIRA (Partai Lokal di Aceh) dari peserta Pemilu 2024, karena tidak menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) hingga batas akhir pengumpulan pada 7 Januari silam.

“Dari 24 parpol yang ikut pemilu, hanya dua parpol tersebut yang tidak menyerahkan LADK. Keduanya pun dicoret dari kepesertaan Pemilu 2024,” Kata Ketua KIP Aceh Tamiang, Rita Afrianti melalui Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Rusli, Jum'at (26/01/2024).

Rusli menyampaikan, sebanyak 22 parpol dinyatakan lengkap status penerimaan LADK-nya. Permohonan tidak menyerahkan LADK yakni pembatalan keikutsertaan dalam Pemilu. Terlebih lagi, mereka (Partai Buruh dan SIRA) tidak ada caleg yang didaftarkan.

Selain LADK, Partai Buruh dan Partai SIRA juga tidak memiliki Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK). “Dari awal Partai Buruh dan Partai SIRA belum pernah membuka RKDK yang memperkuat alasan kami mencoretnya dari peserta Pemilu,” jelas Rusli.

Rusli menambahkan, adapun 22 Parpol yang sudah menyerahkan LADK yakni PDI Perjuangan, NasDem, Partai Gelora, PSI, Golkar, PBB, Gabthat, PPP, PDA, PNA dan PAS Aceh. Kemudian, Partai Hanura, PKS, Gerindra, Partai Aceh, Partai Garuda, Perindo, Partai Ummat, PKB, PAN, Demokrat dan PKN.

“Sementara Partai Garuda, Perindo dan Partai Gabitu juga sudah mengirim LADK meski tidak ada calegnya,” pungkas Rusli.
Middle Ad 1
Parallax Ad
Middle Ad 2
Bottom Ad
Link copied to clipboard.