Ad Under Header

Pemilu 2024: Aceh Tamiang Mulai Sortir Lipat Suara, yang Rusak Lapor KIP

Aceh Tamiang – Pelipat kertas suara turut menentukan perjalanan bangsa ini untuk 5 tahun ke depan. Inilah penegasan Pj. Bupati Aceh Tamiang saat pembu


Pj. Bupati Aceh Tamiang bersama Prokopimda mengawasi Sortir Lipat Surat Suara Pemilu 2024, di GOR indoor Karang Baru, Selasa (16/01/2024)/Liputaesia/prokopim.

Aceh Tamiang – Pelipat kertas suara turut menentukan perjalanan bangsa ini untuk 5 tahun ke depan. Inilah penegasan Pj. Bupati Aceh Tamiang saat pembukaan seremonial sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024, di GOR indoor, Karang Baru, Selasa (16/01/2024) sore ini.

“Bapak/Ibu pelipat kertas suara turut menentukan kelangsungan nasib bangsa 5 tahun ke depan. Peran serta Bapak/Ibu dalam menyukseskan pemilu sangat berarti. Jadi dituntut integritas, keikhlasan dan tidak punya kepentingan,” pesan Pj. Bupati Asra kepada 400-an relawan pelipat kertas suara.

Pj. Bupati Asra meminta pelipat kertas suara cermat saat bekerja nanti. “Bila ada yang cacat atau rusak, segera laporkan ke petugas KIP,” sambungnya lagi.

Dikatakan Pj. Bupati, menjadi tanggung jawab semua pihak untuk menyukseskan hajatan akbar lima tahunan bertajuk pemilu serentak ini. “Kita tidak mau, daerah kita termasuk daerah yang tidak siap melaksanakan pileg dan pilpres ini. Tapi saya yakin semua yang terlibat di sini adalah orang yang ikhlas dan amanah. Jadi tolong jaga itu semua” pintanya tegas.

Senada dengan itu, Kapolres AKBP M. Yanis turut menyampaikan pesan serupa. Ia meminta pelipat kertas suara ikut berpartisipasi mengawal kesuksesan pemilu dengan menjaga amanah dan integritas selama ditugaskan.

Sebelumnya, Ketua KIP, Rita Afrianti menyampaikan beberapa pengantarnya. Diantaranya, petugas pelipat juga bertindak sebagai penyortir surat suara yang rusak/cacat, seperti sobek, buram, bernoda, dan sebagainya. Dikatakannya, pelipat suara merupakan relawan dan bukan merupakan caleg atau petugas partai politik tertentu.

“Kita tidak mau muncul praduga yang negatif terkait independensi lembaga kami sebagai penyelenggara pemilu,” terang Rita.

Dalam pada itu, Rita memastikan proses pelipatan kertas suara akan diawasi oleh Panwaslih setempat. Dirinya berharap semua relawan pelipat bekerja sesuai arahan dari petugas KIP.

Dijelaskan, sortir dan lipat kertas suara akan berlangsung hingga tanggal 21 Januari 2024 mendatang. “Selama 4 hari setengah bertugas, 400-an relawan ini akan menyortir dan melipat 1.065 juta lembar kertas suara,” urai Kepala Sekretariat KIP Aceh Tamiang, A. Yuhardha.
Middle Ad 1
Parallax Ad
Middle Ad 2
Bottom Ad
Link copied to clipboard.