Iklan

iklan

Banjir di Kabupaten Aceh Tamiang Meluas, Berkisar 3.112 Orang Mengungsi

Rumohacehnews
Senin, Januari 23, 2023 | Januari 23, 2023 WIB Last Updated 2023-02-07T17:16:13Z


Aceh Tamiang - Banjir di Aceh Tamiang sudah memasuki hari ketiga dan sebaran luapan air sungai semakin meluas dan berimbas ke delapan kecamatan dan memaksa ribuan masyarakat mengungsi, Senin (23/1/2023).

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tamiang per 23 Januari 2023, ada delapan kecamatan yang terendam banjir meliputi wilayah hulu, tengah dan hilir yang menyebabkan sebanyak 3.112 orang saat ini sudah meninggalkan rumah untuk bertahan di pos pengungsian yang disediakan BPBD maupun pemerintah kampung. 

Adapun delapan kecamatan terendam banjir yaitu Bandar Pusaka, Kejuruan Muda, Sekerak dan Kejuruan Muda (hulu). Kemudian Karang Baru dan Kota Kuala Simpang (tengah). Selanjutnya Rantau, Bendahara dan Seruway (hilir).

"Di hulu banjir sudah surut dan banjir sudah mengarah ke wilayah hilir. Terparah masih di Kecamatan Bendahara karena terdapat tanggul sungai jebol belum diperbaiki,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Tamiang Iman Suhery kepada Wartawan, Senin (23/1/2023).

Sementara itu desa terendam banjir per kecamatan terbanyak di Kecamatan Bandar Pusaka 15 desa, disusul Bendahara 12 desa, Karang Baru 12 desa, Sekerak enam desa, Rantau enam desa, Kejuruan Muda empat desa dan Seruway tiga desa. “Untuk jumlah warga mengungsi sebanyak 914 kepala keluarga/KK atau 3.112 jiwa tersebar di 28 titik pengungsian di delapan kecamatan tersebut,” ungkap Iman Suhery.

Iman Suhery juga mengungkapkan dampak bencana banjir yang sudah berlangsung tiga hari ini juga merusak ratusan bangunan rumah warga di Aceh Tamiang. Terbanyak di Kecamatan Rantau kerusakan rumah mencapai 622 unit, kemudian di Kecamatan Karang Baru terdapat 30 unit rumah rusak.

“Untuk sementara total kerusakan rumah yang sudah dilaporkan sebanyak 652 unit dari dua kecamatan. Seluruhnya mengalami kerusakan ringan,” ungkap Mantan Camat Karang Baru ini.

Saat ini BPBD bersama Dinsos Aceh Tamiang serta pihak kecamatan terdampak banjir tengah fokus menyalurkan bantuan logistik sandang dan pangan kepada korban banjir di delapan kecamatan terdampak.

Sumber: KabarTamiang

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Banjir di Kabupaten Aceh Tamiang Meluas, Berkisar 3.112 Orang Mengungsi

Trending Now

Iklan

iklan