Ad Under Header

Wakili Pj Bupati Meurah, dr. Catur Hariyati Buka World Kidney Day

Wakili Pj Bupati Meurah, dr. Catur Hariyati Buka World Kidney Day


Aceh Tamiang - Rumah Sakit Umum Muda Sedia Kabupaten Aceh Tamiang merayakan peringatan Hari Ginjal Sedunia dengan seluruh pasien Hemodialisa.

Hari ginjal sedunia atau World Kidney Day diperingati setiap tahunnya pada minggu kedua dibulan Maret. Dibuka langsung oleh Pj. Bupati Aceh Tamiang yang diwakili oleh Asisten dua Bidang Ekonomi dan Pembangunan dr. Catur Hariyati, Mars, kegiatan tahun ini mengusung tema “ Kesehatan Ginjal Untuk Semua Mempersiapkan Yang Tak Terduga, Mendukung Yang Rentan,” pada Sabtu (11/03/2023) yang dilaksanakan di Aula SKB setempat.

Dalam arahan dan sambutannya, dr. Catur menyampaikan ucapan selamat memperingati Hari Ginjal Sedunia tahun 2023. Peringatan ini menjadi penanda bagi kita bersama bahwa penyakit/gangguan fungsi ginjal menjadi laten yang mesti kita waspadai dan cermati bersama.

“Di Indonesia, gagal ginjal kronis menempati urutan ke-10 penyebab kematian tertingg,i dan urutan ke-4 pembiayaan terbesar penyakit katastropik”, sebutnya.

Ginjal adalah bagian tubuh yang memainkan peranan penting. Organ ini berfungsi untuk membuang sisa metabolisme dalam tubuh. Sisa metabolisme ini kemudian dikeluarkan melalui urine. Sehingga penting bagi kita bersama untuk menjaga kesehatan ginjal dengan menjalankan pola hidup sehat sebagai upaya pencegahan agar tidak mengalami gangguan fungsi ginjal.

“Kita bisa lakukan dengan CERDIK, yaitu Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat kalori seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres”, terang dr. Catur.

Diakhir dr. Catur berharap agar kita semua dapat meningkatkan kesiapsiagaan akan pentingnya upaya pencegahan penyakit ginjal, sekaligus meningkatkan peran serta masyarakat.

Sebelumnya dalam laporan panitia kegiatan oleh dr. Puji Rahayu menyampaikan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya menjaga kesehatan ginjal dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bekerjasama dalam menjembatani kesenjanagan pengetahuan untuk kesehatan ginjal yang lebih baik.

Di forum ini, dilakukan juga pemaparan tentang kesehatan ginjal yang disampaikan oleh Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) Unit Hemodialisa, dr. H. Syahbuddin, Sp.PD, FINASIM kepada para penderita hemodialisis.

Sumber: Prokopim
Middle Ad 1
Parallax Ad
Middle Ad 2
Bottom Ad
Link copied to clipboard.