Notification

×

Iklan

Iklan

www.domainesia.com

Perumda Tirta Tamiang Butuh Waduk

19 Jul 2022 | 21:49 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-12T15:06:19Z


Aceh Tamiang – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Tamiang Kabupaten Aceh Tamiang saat ini mengalami kendala serius dalam suplai air ke pelanggan.

Hal itu terjadi akibat belum permanennya ‘Kanal Intake’ yang dimiliki oleh perusahaan yang bergerak di bidang Air Minum tersebut.

Sehingga dengan kondisi saat perusahaan berplat merah tersebut akan terus menerus mengalami kedangkalan kanal yang terjadi setelah air sungai meluap (banjir) ataupun pasca hujan deras.

“Ini kondisi perusahaan kita, pasca air Sungai Tamiang meluap seluruh karyawan di bagian pengelolaan PDAM harus kerja ekstra siang malam, bahkan kalau terjadi hujan dengan durasi lama akibat juga sama yaitu kanal akan tertutup dengan lumpur,” sebut Direktur Perumda Tirta Tamiang Kabupaten Aceh Tamiang, Ismail kepada BERNAS NETWORK, Selasa (19/7/2022) di lokasi pengelolaan air yang berada di Kampung Kesehatan Kecamatan Karang Baru.

Ismail menyampaikan kondisi ini tidak dapat dielakan bahkan menjadi kegiatan rutinitas perusahaan dengan menggunakan alat berat pasca banjir ataupun hujan.

Menurutnya Ismail kondisi ini akan teratasi ketika perusahaan mempunyai waduk yang permanen.

“Dua tahun lalu kita sudah ajukan ke Kementerian PUPR RI, pengajuannya berupa DED lengkap untuk membangun Waduk Sendimentasi senilai 48 miliar,” sebutnya.

Menurut Ismail dengan direalisasikan pengajuan DED untuk membangun Waduk Sendimentasi senilai 48 miliar oleh Kementerian PUPR RI maka kebutuhan air sebagai kebutuhan primier akan terjawab.

“Air merupakan kebutuhan Primier, jadi kita mohon kepada masyarakat Aceh Tamiang untuk bersama – sama berdoa agar Kementerian PUPR segera merealisasikan pembangunan Waduk Sendimentasi Tirta Tamiang,” sebut Ismail mengakhiri.

Sumber: BeritaNasional
×
Berita Terbaru Update