Iklan

iklan

Warga Tionghoa Asal Tanjung Pura Masuk Islam di Aceh Tamiang

Rumohacehnews
Kamis, Juli 07, 2022 | Juli 07, 2022 WIB Last Updated 2022-09-19T17:41:27Z


Aceh Tamiang – Deni Yenti (30), seorang ibu rumah tangga (IRT), asal Desa Tanjung Pura, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, memeluk agama Islam di kantor Majelis Pemusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Tamiang, Kamis (7/7/2022).

Deni Yenti disyahadatkan oleh Wakil Ketua 1 MPU Aceh Tamiang, Saiful Umar dan disaksikan oleh sejumlah saksi. “Sebelum memeluk agama Islam, Deni Yanti merupakan keturunan Tionghoa ini beragama Budha,” kata Kapolres Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali melalui Kapolsek Karang Baru Iptu Suripto.

Menurutnya, Deni ingin memeluk agama Islam atas kesadaran dan keinginan nya sendiri. Ia tinggal di rumah kerabatnya di Kampung Kota Lintang, Kecamatan Kota Kualasimpang. “Sebagai sesama Muslim kita harus saling bantu, terlebih lagi ada Warga yang dengan tulus ikhlas ingin memeluk agama Islam,” katanya.

Sebagai dukungan moril darinya, kata Kapolsek, dirinya telah menyerahkan cinderamata kepada Deni Yanti setelah berpindah keyakinan menjadi Muslimah.

Sementara itu, Wakil Ketua 1 MPU Aceh Tamiang, Saiful Umar mengatakan, setelah memeluk agama Islam tidak ada perubahan nama terhadap Deni Yanti tersebut.

Saipul Umar menjelaskan selain wajib mengucap syahadat secara lisan, mualaf juga harus mengimani dalam hati dan mengamalkan dalam perbuatan. Selain itu rukun Islam dan rukun Iman untuk terus diperdalam, diyakini dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita anjurkan Deni Yenti mengikuti kajian-kajian Islam untuk memperdalam ilmu agama dan melakukan kewajiban bagi umat muslim yaitu salat lima waktu, puasa dan juga hal-hal yang disunahkan dalam Islam,” tambah Saipul.

Saipul Umar menambahkan tidak ada perubahan nama setelah Deni Yenti masuk Islam. MPU menyarankan agar wanita mualaf tersebut segera mengurus identitas diri ke Disdukcapil supaya keterangan agama dapat diperbarui baik dalam KTP maupun adminduk lainnya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Tionghoa Asal Tanjung Pura Masuk Islam di Aceh Tamiang

Trending Now

Iklan

iklan