Notification

×

Iklan

Iklan

www.domainesia.com

Wabup Insyafuddin Buka Kegiatan Peningkatan Mutu Pendidik

22 Agu 2022 | 22:21 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-11T15:33:31Z


Aceh Tamiang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang mengadakan kegiatan Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Jenjang TK, SD dan SMP pada Senin, (22/8/2022) siang.

Acara yang berlangsung di aula SMP Negeri 1 Karang Baru ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang, H. Tengku Insyafuddin, ST.

Dalam pembukaannya, Wabup Insyafuddin menghimbau para peserta didik untuk lebih semangat dalam proses belajar dan mengajar. Hal ini dikarenakan adanya hasil Studi Nasional maupun Internasional yang menunjukkan bahwa, Indonesia telah mengalami krisis pembelajaran (learning crisis) yang cukup lama dengan merujuk tingginya angka anak-anak Indonesia yang tidak mampu memahami bacaan sederhana atau menerapkan konsep matematika dasar.

“Temuan itu juga memperlihatkan kesenjangan pendidikan yang curam di antar wilayah dan kelompok sosial Indonesia”, terang Wabup Insyafuddin.

Terlebih kondisi ini diperparah dengan keadaan akibat maraknya Pandemi Covid-19.

“Saya apresiasi terhadap berbagai upaya meningkatkan kapasitas dan kualitas bagi para pendidik untuk mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran aktif, kreatif dan inovatif agar kualitas pendidikan di Bumi Muda Sedia dapat lebih ditingkatkan seperti salah satunya kegiatan hari ini”, ucapnya.

Mewakili Kepala Disdikbud Aceh Tamiang, Kepala Bidang Ketenagaan Bambang Supriyanto mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya untuk mengatasi krisis dan berbagai tantangan yang telah disebutkan oleh Wabup Insyafuddin, salah satunya melalui kurikulum penentuan metode mengajar yang akan digunakan.

“Kemendikbudristek mengembangkan Kurikulum Merdeka sebagai bagian penting dalam upaya memulihkan pembelajaran dari krisis yang sudah lama kita alami. Kebijakan Merdeka Belajar pada episode kali ini memberikan kelenturan kepada satuan pendidikan untuk menentukan kurikulum yang akan dipilih”, ujar Bambang.

Semua pihak berharap dengan adanya upaya peningkatan mutu pendidik turut akan meningkatkan kualitas anak didik Aceh Tamiang.

Tampak hadir pada acara ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang, Abdul Muthalib, Kepala MPD Aceh Tamiang, Fahmizar, perwakilan Anggota DPRK Aceh Tamiang dan Kepala OPD terkait.

×
Berita Terbaru Update