Ad Under Header

Pj Bupati Aceh Tamiang Meurah Budiman Lepas Kirab Pemilu 2024

Pj Bupati Aceh Tamiang Meurah Budiman Lepas Kirab Pemilu 2024


Aceh Tamiang - Pj Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH, melepas Kirab Pemilu 2024, Selasa, (3/4/2023) sore, dari Kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat.

Pj. Bupati Meurah dalam sambutannya mengatakan, dirinya berharap kirab pemilu menjadi media pengenalan partai politik peserta pemilu sekaligus menggemakan pemilu damai.

“Saya kira ini bisa menjadi sarana pengenalan parpol peserta pemilu sekaligus mensosialisasikan pemilu damai di Aceh Tamiang,” ucapnya.

Ditegaskan Meurah, menjadi kewajiban pemerintah memfasilitasi penyelenggaraan pemilu dan menjaga netralitas ASN. Ia menyebutkan Pemkab Aceh Tamiang mendukung pelaksanaan kirab untuk menyukseskan Pemilu 2024 yang akan digelar kurang dari setahun lagi.

Sementara itu, Ketua KIP Aceh Tamiang, Ishak Ibrahim menjelaskan, Kirab Pemilu 2024 merupakan program nasional dalam rangka Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih kepada seluruh elemen masyarakat Aceh Tamiang menyongsong persiapan pemilu serentak tahun 2024.

“Mobil Kirab ini nantinya akan kita kirabkan ke 12 Kecamatan di Aceh Tamiang dengan tujuan untuk mensosialisasikan dan mengedukasikan kepada masyarakat tentang informasi seputar pemilih dan Pemilu Tahun 2024 serta bukti kesiapan KIP Aceh Tamiang sebagai penyelenggaraan Pemilu 2024”, jelasnya.

Ia berharap dengan adanya Kirab Pemilu ini dapat meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam mensukseskan Pemilu 2024.

“KIP Kabupaten Aceh Tamiang akan mengelilingi Bendera Kirab Pemilu ke seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang sampai dengan tanggal 8 April 2023. Selanjutnya Bendera Kirab Pemilu akan diserahkan ke KPU Kabupaten Langkat - Sumut pada 9 April 2023,” pungkasnya.

Perlu diketahui bersama satu tahun jelang pemungutan suara 14 Februari 2024, bendera partai politik (parpol) peserta pemilu sebanyak 24 partai dengan rincian 18 parpol nasional dan 6 parpol lokal Aceh. Bendera parpol nantinya diarak secara estafet dari tujuh daerah di Indonesia menuju Jakarta.

Iring-iringan mobil yang membawa 18 bendera partai politik nasional dan 6 bendera partai lokal Aceh dilengkapi tulisan ajakan untuk mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS) pada 14 Februari 2024 mendatang.

Tujuh daerah yang menjadi titik awal Kirab Pemilu 2024 itu adalah Aceh, Kota Batam (Kepulauan Riau), Pontianak (Kalimantan Barat), Tanjung Selor (Kalimantan Utara), Morotai (Maluku Utara), Kupang (Nusa Tenggara Timur), dan Jayapura (Papua).

Dari kota-kota itu, bendera partai-partai politik peserta Pemilu 2024 diarak secara estafet ke kota-kota lain dan dijadwalkan tiba di Jakarta pada November 2023.

Sumber: Prokopim
Top ad
Middle Ad 1
Parallax Ad
Middle Ad 2
Bottom Ad
Link copied to clipboard.